Senin, 09 Juli 2012

Surat MH. Thamrin plus tanda tangan asli.

'rare book' tidak menampilkan buku langka tapi tetap menampilkan suatu yang menarik yaitu dokumen kuno atau dokumen antik, jaman pra kemerdekaan Indonesia, surat dari Muhammad Husni Thamrin (MH. Thamrin), asli lengkap dengan tanda tangannya.

Muhammad Husni Thamrin (M.H. Thamrin) adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau seorang Tokoh Betawi yang pertama masuk dalam Volksraad mewakili kelompok pribumi. Lahir pada 16 Februari 1894 dan meninggal dalam usia 46 tahun pada11 januari 1941 di Batavia. Namanya diabadikan sebagai salah satu jalan protokol dan proyek besar perbaikan kampung di Jakarta.

Gambar atas kiri adalah gambar kop suratnya M. H. Thamrin, sayang sobek disebabkan karat penjepit kertas. Sebelah kanan gambar tanda tangan MH. Thamrin, letaknya persis dilipatan. Tapi masih tampak jelas.
Gambar sebelah kiri adalah isi surat ditujukan kepadaa Sjarif, yang topiknya mengenai notulen rapat PPPKI (Pemufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia), organisasi pergerakan kemerdekaan Indonesia, didirikan di Bandung pada 17-18 Desember 1927.

Dibalik surat MH. Thamrin ini ternyata ada tulisan tangan, belum diketahui siapa penulisnya, tapi melihat huruf ketik surat ini berwarna biru, surat ini adalah carbon copy, jadi diduga kuat adalah tulisan MH. Thamrin sendiri, namun demikian kami minta maaf apabila ada kekeliruan.id.gr. 10.00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini