Senin, 13 Februari 2012

Buku tehnik Kereta Api, 1915.


Berbeda dengan buku2 mengenai Kereta Api yang telah di upload 'rare book' sebelumnya, memuat keterangan dan keindahan Kereta Api termasuk Lokomotif, Stasiun dan Jembatan, maka buku langka yang berjudul "Spoor-en Tramwegbouw" ditulis oleh C. Rutten ini berisi Tehnologi Rel Kereta Api terutama Tehnis Pemasangan, Sambungan, Simpangan dan Pengamanan Rel Kereta Api dan Trem.
Berikut ini gambar2 tehnis, diantaranya Cara pemasangan Rel, Peralatan Pemindahan arah perjalanan, Palang penutup jalan umum, Iklan dalam buku tersebut.
Untuk melihat lebih jelas gambarnya, silahkan klik.















































Buku langka yang belum lama dikoleksi oleh 'rare book' ini diterbitkan oleh Deventer, AE. E. Kluwer, tahun 1915 (nyaris seabad yang lalu), dilengkapi dengan 463 gambar dan tabel2.

i.gr. 01.00*

11 komentar:

  1. ada arti untuk penjelasan di buku tentang pemasangan rel kereta api?

    BalasHapus
  2. u/ Mbak Elok, kalau yang dimaksud arti adalah terjemahannya, itu nggak ada.

    u/@BKSPrinting, maaf masih dikoleksi sendiri.

    BalasHapus
  3. boleh saya mampir untuk numpang membaca buku ini, kebetulan saya penyuka sejarah yang berhubungan dengan kereta api :)

    salam
    Egief Del Haris

    BalasHapus
  4. Silahkan, tapi jangan membayangkan masuk kedalam ruang perpustakaan. Kami hanya ada lemari penyimpan buku dan ruangan terbatas.

    BalasHapus
  5. buku mngenai sejarah perkeretaapian indonesia jilid 1 dan 2 ada ?

    BalasHapus
  6. Pak admin, bolehkah saya nyuwun scan bukunya ? Untuk membuat catatan sejarah KA di jawa. Jika boleh bisa dikirim ke email saya hadikayanuar@gmail.com, jika tidak boleh ya tidak apa-apa. Thanks pak admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, tidak bisa pakai scaner biasa, bisa pecah penjilidannya, harus pakai scaner khusus, tapi mahal dan tidak punya.

      Hapus
    2. Difoto-foto aja pak.. Maaf kalo nyaranin hehe.. Dokumen langka sih ini..

      Hapus
    3. Ya nggak apa apa, silahkan datang untuk memotonya, saya di jakarta.

      Hapus

Silahkan berkomentar disini