Kamis, 11 Agustus 2011

Babad Songennep (Sumenep, Madura)

"Babad Songennep I" judul buku langka koleksi 'rare book', walaupun umurnya 'baru' 90 tahun tapi menarik karena buku langka ini menggunakan bahasa Madura dalam aksara Jawa.
Songennep adalah sebuah daerah di bagian Timur pulau Madura, jaman sekarang dikenal sebagai Sumenep, dimana pernah berdiri kerajaan Songennep.
Gambar diatas adalah sebagian halaman 3, berisi pembukaan dalam bahasa Madura, "Pyatoran",selanjutnya : Kaula se ngarang Bhabhad Songenep paneka, ekaduwa isareng Radhin Sastrawijaya, mantre candhu Ambutten (Songenep), . . dst.

Gambar atas adalah sebagian halaman 6, tertulis :

"Babad Songennep".

Bab : 1.

'Kacaretah agih jaman kona e Songenep badha Rato bangsa Madura kasorang, anyama Pangeran Mandaraga, . . dst.
Selanjutnya gambar dibawah ini , adalah gambar halaman terakhir berisi 'daftar isi', tertulis judulnya : "Essen", selanjutnya :
* Pyatoran.
* Bab I : Babad Songennep molae dhari Pangeran Mandaraga kang seka Arjawigananda, pottran Arja Kodapanole (Jaka Thole).
* Bab 2 : Mole dhari Radin Kandhuruwan, pottran Radin Pata kang seka Pangeran . . dst.

Diatas adalah Peta District Kotta Songennep



Buku 'Bhabhad Songennep' disusun oleh Radin Werdhisastra, diterbitkan oleh Balai Poestaka, th 1921, ukuran 14.5 x 22 cm, 248 halaman plus 1 lembar peta. Buku langka ini masih utuh dan lengkap.

i.gr. 02.15*

37 komentar:

  1. U/ zain el-ebidien. Maaf maksudnya gimana?

    BalasHapus
  2. saya pengen punya copyannya? apa bisa

    BalasHapus
  3. karena bukunya sudah lumayan tua, kalau di fotocopy bisa rusak penjilidannya, jadi kalau mau di foto biasa aja, silahkan kalau mau mampir, saya ada di daerah Cipulir, Jaksel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta tolong alamat lengkap dan no hp dong

      Hapus
    2. Maaf, saya tidak bisa menulis alamat saya disini, kalau mau datang janjian dulu, nanti kalau sudah dekat dipandu via hp.

      Hapus
  4. saya dodi nursaiman ,, tertarik dengan buku yang bapak punya,, berharap bisa mendokumentasikannya dalam bentuk digital ,, kebetulan saya sedang mengkaji tentang aksara madura,,, boleh minta no kontaknya pak ,, ini no saya , dodi nursaiman 081395248414

    BalasHapus
  5. Salam. Seandainya kami bisa mengambil gambar, akan saya potret. Tapi posisi saya di Sumenep, sehingga mustali datang ke tempat Anda. Barangkali atas kebijaksaan Anda, saya bisa dikirimi foto-foto buku dimaksud, selanjutnya saya akan bertanggung jawab biaya pemotretan dan ongkos kirim. Mohon diterakan mail atau alamat kontak Anda. Syaf Anton Wr http://lontarmadura.com

    BalasHapus
  6. apa benar ini asli......? seandainya buku ini memang asli bagaimana bisa sampai ke jakarta bos.....? saya juga pernah lihat aslinya di sumenep.....

    BalasHapus
  7. Mengenai buku 'Babad Songenep' koleksi 'rare book', ya asli buku seperti yang terlhat dalam gambar. Cetakan Balai Poestaka di Weltevreden, jadi ya sebelum sampai Sumenep sudah ada di Weltevreden/Batavia alias Jakarta. Apresiasi untuk mas Firman atas kunjungan dan komentarnya, terima kasih.

    BalasHapus
  8. Cipulir Jaksel, tepatnya di mana, Pak? Saya butuh Babad Songgenep ini.

    BalasHapus
  9. Cak Mahalli, trims, kalau mau dateng, sms dulu, nanti saya tuntun via HP.

    BalasHapus
  10. ini nmr hp saya,,
    083896756039
    mohon informasikan alamat rumah anda lebih jelas lagi,,
    saya sangat tertarik sekali dengan babad songenep
    trimakasih,, ,,

    BalasHapus
  11. Saya punya buku Babat Songenep yang sudah disalin dalam tulisan latin.

    BalasHapus
  12. SMA Islam, mohon bila berkenan saya bisa minta copiscan buku babad songenep dalam tulisan latin, ini email saya : caknyoto@gmail.com.Trims

    BalasHapus
  13. Mohon maaf, tidak bisa memberikan copiscan karena kalau discan, bukunya bisa rusak penjilidannya, sekali lagi mohon maaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sedang mencar buku seperti ini untuk penelitian tugas akhir saya. pak apa masih ada buku yang menggunakan bahasa madura ? terima kasih pak. posisi saya di kalimantan

      Hapus
  14. Terima kasih infonya buku langka dan SMA, saya tertarik juga buku ini. Berkenan kiranya kirimkan alamat atau kontaknya ke email mahmudamir1003@gmail.com.

    BalasHapus
  15. Terima kasih infonya buku langka dan SMA, saya tertarik juga buku ini. Berkenan kiranya kirimkan alamat atau kontaknya ke email mahmudamir1003@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila ada yang perlu disampaikan, silahkan email ke alamat yang ada di blog. Terima kasih.

      Hapus
  16. wah saya sangat bersenang hati apabila kiranya saya bisa memiliki buku tersebut, (misal : dengan cara di foto). saya seorang Madura Sumenep Asli. Kebetulan bapak saya semasa hidup adalah salah satu TIM Pembina Bahasa Madura (TIM NABARA). dulu saya ingat, bapak saya punya buku tersebut, tapi sekarang entah hilang kemana. sekarang dirumah saya hanya ada buku babad sumenep karya siapa saya lupa. dan karya disparbud sumenep tetapi sudah dicoret2 sama almarhum bapak saya. karena banyak kesalahan. sudilah kiranya bapak BUKU LANGKA mengirimkan foto lembar demi lembar buku tersebut kepada saya... mungkin kalo membeli buku itu saya tidak mampu. karena termasuk buku yang sangat2 dicari. saya hanya ingin mmembacanya saja sebagai pengetahuan. karena alhamdulillah saya bisa membaca tulisan carakan madura tersebut. email saya : yeyep27@gmail.com maaf saya berdomisili di sumenep. saya juga mencari buku pararaton karya werdisastra. dulu seingat saya juga ada di rumah dengan tulisan carakan madura,bukunya agak besar di depan ada tulisan KITAB PARARATON dengan tulisan carakan.sekarang Musnah juga :'( cover buku berwarna hitam (kalau tidak salah)

    BalasHapus
  17. Salam.
    Terimakasih sudah 'mampir' ke blog 'buku langka'. Silahkan kirim email ke alamat yang tertera di blog.
    Wassalam. Mahfud.

    BalasHapus
  18. assalamualaikum pak, saya mahasiswa jurusan sejarah sedang mendapatkan tugas menelusuri kesultanan sumenep apakah saya bisa melihat buku tersebut trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam. Bisa dilihat bukunya, silahkan datang, saya di Cipulir, Jakarta Selatan.
      Wassalam.

      Hapus
  19. Karena banyak yg bertanya, maka dengan ini saya mohon maaf, karena:
    Pertama tidak bisa memberikan atau menulis alamat saya diblog ini.
    Kedua, buku2nya masih dikoleksi sendiri.
    Ketiga, no. HP diatas hanya untuk SMS atau WA saja.
    Keempat, bila ingin melihat buku, bikin janji dulu karena bukunya bertumpuk-tumpuk dilemari, dan saya sering bepergian.
    Sekali lagi saya mohon maaf. Terima kasih

    BalasHapus
  20. Saya sangat senang krn masih ada orang yg menyimpan buku babad soengenep, dan kami mohon utk dipelihara jgn samppai hilang krn utk anak cucu kita agar tahu sejarah soengenep trims.

    BalasHapus
  21. Sy ingin punya buku ini.. klo berkenan gimana caranya untuk punya salinannya pak?
    Bisa email : hijazi.dayank677@gmail.com

    BalasHapus
  22. PC saya kemasukan virus SETO, seluruh file tidak bisa dibuka. Jadi maaf saya tidak bisa bantu.

    BalasHapus
  23. Pak, saya tertarik untuk membaca buku babat soengennep. Saya asli sumenep, dari pulau podey (sapudi) saat ini saya mengajar di PTS. Apa bisa saya mengkopi atau file buku tsb pak. Maaf pak, bisa kabari ke email saya pak, anton.math@wisnuwardhana.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau mengcopy yang ada diblog, silahkan saja. tapi maaf, karena komputer saya kemasukan virus dan harus bayar $ 980 untuk bisa membuka kembali file yg ada, maka seluruh file di PC yg terlanjur kena virus ya ndak bisa dibuka. Maaf.

      Hapus
  24. Yang butuh disini bisa diunduh lengkap
    http://www.rumahliterasisumenep.org/p/14.html

    BalasHapus
  25. Mohon maaf hanya ingin tau, bapak dapat buku itu dari mana?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini