Jumat, 29 Juni 2012

Pramoedya A.T. - W.S. Rendra - A.A. Navis, dalam ROMAN.

Saat memeriksa tumpukan majalah tua, 'rare book' menemukan bundel majalah Roman bulan Desember 1954 s/d September 1956 dimakan kutu, bolong2 besar. Mau dibuang tapi ada rasa penasaran untuk melihat isinya. Ternyata isinya kumpulan cerpen karya penulis berkelas nasional maupun internasional diantaranya Pramoedya Ananta Toer, A. A. Navis, W.S. Rendra, Firman Muntaco, Nugroho Notosusanto, Trisnojuwono dll. Akhirnya hanya yang betul parah dan tidak bisa terbaca lah yang dibuang, sedang yang masih bisa dibaca diamankan demi karya sastrawan terbaik Indonesia. Walaupun bukan buku langka tapi tetap menarik untuk ditampilkan.


"Roman" bisa dikategorikan majalah antik, sulit mencari padanan majalah Roman tersebut pada jamannya maupun jaman sekarang. Sesuai dengan judulnya "Roman, Hiburan Orang Dewasa", menceritakan hubungan pria dan wanita tapi dengan bahasa yang baik, tidak vulgar, mungkin karena penulisnya para sastrawan. Dilengkapi dengan illustrasi yang menggugah minat untuk membaca.
Diatas adalah gambar sampul 'Roman' no. 2, Februari 1956, sedang dibawahnya gambar cerita 'Ia Memeluk Gitar' oleh WS, Rendra.










Disamping adalah gambar sampul 'Roman' no. 3, maret 1956. Tampak di sampul kiri ada cerita Djali2, cerita kocak gaya bahasa Jakarta.
Dibawah gambar cerita berjudul 'Tanpa Kemudian' oleh Pramoedya Ananta Toer.




Sampul 'Roman' berikutnya yang terlihat dibawah adalah Roman no. 6, Djuni 1956. Disampul kiri terlihat iklan sepeda motor 'Indian'.
Sedang gambar dibawah menunjukan cerita 'Biang Keladi' oleh Pramoedya Ananta Toer dan cerita 'Tjerita 3 Malam' oleh A.A. Navis, sastrawan dari Minangkabau, salah satu karya monumentalnya adalah 'Robohnya Surau Kami'.






Sampul 'Roman' no. 7, Djuli 1956, tampak pada gambar samping, termasuk sampul belakang memuat iklan ban mobil 'Avon'.
Sedang gambar dibawah cerita karya Pramoedya Ananta Toer berjudul 'Sekali Dibulan Purnama'













Inilah majalah terakhir yang bisa diselamatkan, Roman no. 9, September 1956 (gambar samping), sampul belakang iklan obat 'Isamij'. Sedang yang dibawah cerita 'Njonja Dokterhewan Suharko' karya Pramoedya Ananta Toer.

Majalah Roman terbit pertama kali pada Oktober 1954, didirikan oleh Sudjati S.A. di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini