Kamis, 19 Juli 2012

Babad Tanah Djawi versi Meinsma oleh J.J. Ras.



"Babad Tanah Djawi" aslinya dalam bentuk tembang Jawa berbahasa dan huruf Jawa, diubah kedalam bentuk prosa oleh Ngabehi Kertapradja, masih menggunakan bahasa Jawa, diterbitkan oleh J.J. Meinsma, maka populer dengan sebutan versi Meinsma. Selanjutnya atas prakarsa KITLV, Babad Tanah Jawi versi Meinsma ini diterbitkan kembali oleh W.L. Olthof pada 1941 (sudah diunggah).
Buku yang diunggah 'rare book' kali ini, adalah "Babad Tanah Djawi" yang pernah diterbitkan Othof, diterbitkan kembali oleh J.J. Ras (Profesor Bahasa dan Sastra Jawa Leiden University) pada th. 1987 di Belanda dan Amerika. Walaupun muda tapi tetap menarik karena beda dengan terbitan sebelumnya, disampul dan dalam buku ditambahkan gambar dan peta agar supaya pembaca lebih mudah membayangkan situasi ceritanya. Berikut dibawah ini adalah gambar-gambarnya.


















Gambar dibawah berikut adalah peta Jawa dilengkapi dengan titik2 lokasi kerajaan2 dimasa lalu.

2 komentar:

  1. Saya Tri Utami H, mahasiswa Teknik Geodesi UGM. Saya sedang menyelesaikan skripsi saya tentang Babad Tanah Jawi. Saya mohon izin untuk mengambil peta di atas. Kalau boleh tahu, bisakah saya mengakses lebih banyak peta? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Silahkan mbak Tri, kalau ada dan bisa dimanfaatkan, menurut saya ya lebih baik. Kalau ada 'lebih banyak peta', silahkan aja.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini