Minggu, 10 November 2013

Soewara Moehammadijah 1923 - 1924.


"Soewara Moehammadijah, Terbit Tiap Tiap 1 Hari Boelan Belanda".
Membaca judul diatas, tentu maksudnya adalah majalah 'Suara Muhammadiyah', tapi kalimat seterusnya terasa unik, mungkin maksudnya terbit sekali dalam setiap bulan Masehi, maaf kalau keliru.
'rare book' mendapatkan majalah ini di pedagang buku/majalah bekas, mungkin sudah lama tersimpan atau belum terbuang karena terselip diantara tumpukan kertas2 bekas.
Dulunya majalah ini dibundel, tapi waktu didapatkan, bundelannya sudah berantakan lepas, kotor dan sebagian halamannya sudah grepes atau sobek-sobek kecil, seperti terlihat dalam gambar.
Bahasa yang digunakan bisa menjadi contoh bahasa yang lazim digunakan pada waktu itu, 1923 - 1924.
Yang menarik/lucu adalah nama/judul majalahnya, mungkin karena asalnya dalam bahasa Jawa, 'Sworo Moehammadijah', diubah menggunakan bahasa Melayu menjadi 'Swara Moehammadijah', selanjutnya dengan adanya perkembangan bahasa, judulnya berubah menjadi 'Soeara Moehammadijah'. Lihat/klik gambar dibawah, menunjukan perubahan judul dan layout.

Dalam majalah yang didapat ini, terdapat cerita awal terbentuknya RS PKU Muhammadiyah. Awalnya dari melihat banyak masyarakat yang sengsara, maka dibentuklah PKO singkatan dari Penolong Kesengsaraan Oemat, salah satu kegiatannya adalah memberikan bantuan kesehatan (1924 hlm 9), seiring perkembangan jaman, nama PKO berubah menjadi PKU singkatan dari Pembinaan Kesejahteraan Umat. Sekarang terkenal dengan RS PKU Muhammadiyah.

Ada lagi yang menarik/lucu dalam majalah ini yaitu istilah yang digunakan, misalnya Grombolan Moehammadijah (bawah kanan) dan istilah Soerat Tanda Sekoetoe (bawah kiri)..
'rare book' tidak menafsirkan istilah tersebut karena tidak mengerti dan tidak tahu maksudnya.

Masih banyak hal yang menarik, baik isi maupun bahasanya.
Majalah ini berukuran kira2 17.5 x 24.5 cm, 16 hlm per edisi. Tidak diketemukan tahun dan nomer majalah, hanya ada nomer halaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini