Senin, 08 Juli 2013

Intermezzo. Manik-manik kuno. Ancient beads.

Sesuatu barang, kalau memang 'milik' atau memang diijinkan oleh Nya, maka akan mudah didapat, bahkan barangnya datang sendiri. Lho kok bisa .. ?

Bisaa .. , contohnya seperti yang tertera pada gambar dibawah ini. Untaian manik-manik ini dibawa orang ke 'rare book'. Sama-sama tidak tahu berapa nilainya, tapi minta ditukar dengan biaya transport Jakarta kesuatu tempat di Jawa Barat. Barangnya menarik, dan kesan kunonya sangat kuat.
Menurut buku "Manik-manik di Indonesia" yang diterbitkan oleh Djambatan, pada th. 1993, halaman 57, keterangan gambar no. 62, ditulis sebagai berikut :"... akan tetapi berdasarkan temuan serta, manik ini pembuatannya mungkin tidak melampaui tahun 900M".
Jadi mengacu pada buku tersebut, manik-manik yang dibawa orang tersebut diatas (gambar atas), diperkirakan dibuat sebelum 900M. Pedagang bisasanya menyebut dengan manik-manik Majapahit (1300M-1500M), walaupun sebutan itu keliru.

Pada untaian manik-manik terdapat manik yang aneh, tidak ada dalam buku "Manik-Manik di Indonesia" dan belum lihat di internet, yaitu manik-manik dengan gambar wajah manusia (bukan gambar sistem 'etsa'), lihat gambar bawah. Kalau mau jelas, klik gambarnya.

Kembali ke awal, mengenai 'milik', kalau tidak ada 'milik', walaupun sudah berusaha, jangan paksakan untuk mendapatkan, apalagi dengan cara menipu, mencuri, korupsi dll. Kalau mau dengan cara yang 3 terakhir, hasilnya bisa jauh berlimpah-limpah dari yang diinginkan sebelumnya, sebab dibantuin setan.

3 komentar:

  1. itu gambar manik buatan yg baru/copy bukan yg asli cuma mutifnya aja yg kuno

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas penilaiannya, maaf kalau keliru, memang bukan ahlinya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

Silahkan berkomentar disini