Minggu, 28 April 2013

Ekspedisi Archbold, laporan asli penemuan Lembah Baliem, 1938.

"Algemeen Verslag Van De Nederlansch-Indische - Amerikaansche, Expeditie Naar Nieuw-Guinea 1938 - 1939" (Archbold - Expeditie), demikian yang tertulis pada halaman pertama, sebagai judul buku langka yang diunggah  ‘rare book’  kali ini.
Richard Archbold memimpin Ekspedisi ke Papua untuk American Museum of Natural History pada th. 1938 - 1939, melibatkan ilmuwan Amerika dan Belanda serta mendapatkan dukungan dari militer dibawah pimpinan Generalen Staaf Capitein C.G.J. Teerink dan Luitenant der Infanterie J.E.M van Arcken, ditambah bantuan tenaga untuk mengangkat barang dari suku Dayak Kalimantan.
Buku langka yang diunggah  ‘rare book’  yang berisi 3 laporan ditambah beberapa lampiran, termasuk lampiran Surat Perintah Militer, merupakan Laporan Resmi dari Kapten Teerink dan Letnan Van Arcken, termasuk didalamnya laporan diketahui adanya “Groote-Vallei”, terkenal bernama Lembah Baliem dihuni oleh suku Dani, juga dalam laporan diterangkan mengenai “peniskoker” yang digunakan orang laki penduduk asli (sekarang terkenal dengan nama ‘koteka’).
Isi buku langka ini sangat menarik, karena dilaporkan langsung oleh pelakunya. Lebih menariknya lagi, laporan yang diketik langsung ini dibuatkan peta sangat sederhana posisi 'Baliemkamp' dan juga ditempeli foto2 asli (lihat gambar bawah), apalagi laporan tersebut dibubuhi tanda tangan asli salah satu pelakunya yaitu Luitenant van Arcken (lihat gambar atas).
Buku yang berukuran 21 x 30 cm, berisi :
1. Laporan Umum Ekspedisi. Oleh Kapten CGJ. Yeerink, sebanyak 30 halaman.  2. Catatan keadaan tanah dan orang-orang di "Greatest-Valley". Oleh CGJ. Teerink, sebanyak 27 halaman. 3. Mengenai daerah perumahan yang terletak 20 km sebelah BD + FET dari Bernhard Camp. Oleh Letnan Van Arcken, sebanyak 6 halaman.  4. Lampiran-lampiran.
Saat ditemukan ‘rare book’ ini dilapak kertas2 bekas, penjilidannya rusak dan sebagian dimakan kutu, jadi untuk mempertahankan buku ini dari kerusakan yang lebih parah maka covernya diperbaiki

2 komentar:

  1. Apakah anda ingin menjual buku ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke 'buku langka', tapi maaf buku yang anda maksud masih menjadi koleksi sendiri. Salam.

      Hapus

Silahkan berkomentar disini