Minggu, 28 Oktober 2012

Kisah Panji Asmarabangun, dalam 'Tembang Aksara Jawa Tulis Tangan'. Lanjutan.

Masih melanjutkan posting buku langka 'Tembang Aksara Jawa Tulis Tangan' yang didapat di Solo (lihat gambar), 'rare book' menampilkan salah satu dari dua kisah yang ada dalam buku tersebut, yaitu "Kisah Panji Asmarabangun", termasuk sastra jawa yang populer di masyarakat, khususnya di pulau Jawa.
Sebetulnya banyak sastrawan Indonesia maupun asing meneliti/menulis perihal kisah2 Panji Asmarabangun, misalnya R.Ng. Ranggawarsita, RM. Poerbatjaraka, A. Teeuw, J.J. Ras, Lidya Kieven dll. Banyak sastrawan yang menulis novel dengan latar belakang kisah ini dan kisah ini juga banyak dipentaskan pada wayang beber maupun pada sandiwara2 tradisional.

Gambar disebelah adalah tulisan yang menunjukan awal kisah 'Panji Asmarabangun', 'rare book' menambahkan dengan transliterasi huruf berwarna putih, silahkan klik untuk lebih jelasnya, bahasa Indonesia nya : "Panji Asmarabangun putra Kuda Jayengsari menghilang bersama permaisurinya, Dewi Sekartaji, Putri Ayu Condrakirana, nggak ada seorangpun yang tahu"

Dalam buku langka ini, kisah Panji ditulis dalam bentuk tembang (lagu) Jawa, tulisannya rapi, aksara yang menerangkan jenis tembangnya diberi variasi tertentu. Gambar diatas ini contoh betapa rapinya tulisannya dan variasi tulisan jenis tembangnya, yaitu tembang 'Dhandanggula'.
Sedang gambar dibawah ini contoh untuk jenis tembang 'Megatruh'.


Kalau gambar disamping ini adalah contoh bila buku langka tersebut kita buka, halaman 58 - 59, walaupun terlihat warna halamannya tidak rata karena usia dan cara penyimpanan yang kurang baik, tapi masih kelihatan tulisannya yang rapi, sudut kemiringannya dan ukuran hurufnya rata. Dan kerapian itu terlihat sampai halaman terakhir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini