Minggu, 07 Oktober 2012

Poster GANEFO I, th. 1963

Poster Ganefo I di Jakarta th. 1963.



Posternya cukup besar, 100 cm x 70 cm, sebagai pembanding disertakan gambar kaset audio pada pojok bawah kanan. Sayang agak sedikit kotor pada pinggirnya.  
Seperti yang telah disampaikan pada posting sebelumnya, Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia, memprakarsai pembentukan Ganefo singkatan dari 'Games of The New Emerging Forces', Pesta Olahraga Negera2 Berkembang, dengan tujuan untuk menandingi Olimpiade (IOC).
Selain Ganefo, Bung Karno juga akan menyenggarakan Conefo, singkatan 'Conference of The New Emerging Forces', Konperensi Negara2 Berkembang. Bahkan gedung yang direncanakan untuk Konferensi sudah selesai dibangun (sekarang digunakan untuk DPR/MPR) namun Konfernsi batal dilaksanakan.

Ganefo I diselenggarakan di Jakarta pada 10 - 22 November 1963.
Ganefo II, diselenggarakan di Pnom Penh, Kamboja, pada tgl. 25 November - 6 Desember 1966, dihadiri hanya oleh negara di Asia sehingga disebut
 Ganefo Asia I.
Ganefo III atau Ganefo Asia II, awalnya akan diselenggarakan di Beijing, namun Beijing membatalkan niatnya dan diserahkan ke Pyongyang Korea Utara. Akhirnya tidak pernah dilaksanakan dan Ganefo bubar.  

2 komentar:

  1. mohon informasi pak.. apakah poster ini dijual? atau bisa dapatkan file dijitalnya kah?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. Mohon maaf, yang ditampilkan di 'buku langka' masih dikoleksi sendiri dan tidak bisa memberikan file dijitalnya, tapi silahkan kalau mau melihat langsung. Trims atas kunjungannya.

      Hapus

Silahkan berkomentar disini