Sabtu, 11 Agustus 2012

Babad Tanah Djawi versi R. Ng.Yasadipura, oleh Amanah Lontar.

Kembali 'rare book' mengunggah "serial" Babad Tanah Djawi, menampilkan versi yang beda dari sebelumnya (versi Meinsma), yaitu Babad Tanah Djawi versi Yasadipura.
Kali yang ini ditampilkan belum bisa disebut buku langka walaupun tidak gampang mencari buku ini yang disebelah ini.
Babad Tanah Jawi terbitan Lontar Amanah disebelah ini isinya adalah terjemahan bebas kedalam bahasa Indonesia dari buku Babad Tanah Jawi karya Rd. Ng. Yasadipura, 'asli' dalam bentuk tembang Macapat aksara Jawa, diterbitkan oleh Bale Pustaka bertahap 31 jilid th. 1939 sampai 1941.


Berikut ini adalah gambar halaman awal dari buku I dan buku VI, tertulis judulnya : "Babad Tanah Jawi, Mitologi, Legenda, Folklor dan Kisah Raja-Raja Jawa".














Gambar sebelah kiri dibawah ini adalah halaman awal dari Jilid I, diantaranya bunyinya sbb. : "Kata mejelma keindahan. Yang tampak hanya kekuasaan Tuhan . . dst. . .Yang berkenan menceritakan adalah Kanjeng Sinuhun Paku Buwana VII untuk . . dst. . . ditulis pada hari Sabtu Wage, tanggal 5 Rajab, tahun Ehe, Windu . . dst."
Sedang gambar kanan adalah teks Babad Tanah Jawi dimulai :" Nabi Adam berputra Nabi Sis, Sis beranak Nurcahya . . dst . . Batara Wishnu pun menjadi raja . . dst . . negeri Gilingwesi yang diperintah oleh Prabu Watugunung. Demikianlah maka Nusa Jawa diperintah oleh dua raja yang . . . dst ".












Gambar dibawah ini adalah teks penutup Babad Tanah Jawi, diantaranya sbb : "Hari Rabu tangal tujuh belas bulan Muharam tahun Dal, 1671 AJ Sang Raja meninggalkan Kartasura. . . dst . . Setelah Raja masuk kraton di bumi Sala, nama kerajaan diganti menjadi Surakarta . . dst."












Desain sampul dari buku I sampai buku VI sama tapi beda warna, gambar dibawah ini adalah desain sampul depan buku I dan desain sampul belakang buku VI.







Buku Babad Tanah Jawi versi Yasadipura terbitan Lontar Amanah ini terdiri dari 6 jilid, jilid I-269 hlm, jilid II-227 hlm, jilid III-253 hlm, jilid IV-263 hlm, jilid V-248 hlm dan jilid VI-299 halaman.


id.gr 08.50

1 komentar:

Silahkan berkomentar disini