Senin, 13 Agustus 2012

Babad Tanah Djawi versi Rd. Ng. Yasadipura oleh Bale Pustaka.

'Babad Tanah Jawi' versi Rd. Ng. Yasadipura, diterbitkan pertama kali dari naskah aslinya dalam bentuk tembang Jawa dan menggunakan hrf Jawa oleh Bale Pustaka (sekarang Balai Pustaka), secara berurutan jilid 1 s/d jilid 31, tamat, mulai th. 1939 sampai th. 1941 di Batavia.

Sayangnya 'rare book' hanya ada 2 bundel besar buku langka 'Babad Tanah Jawi' terbitan Bale Pustaka tersebut, masing2 terdiri dari jilid 16 s/d 24 dan jilid 25 s/d 31 tamat. Setiap jilid berisi 80 halaman kecuali jilid 31 hanya 78 halaman, tamat.


Gambar samping adalah halaman akhir jilid 28 digabung dengan halaman depan jilid 29.
Bundelannya rapi seperti yang tampak pada gambar sebelah ini. Menjadi pertanyaan : apakah bundel ini langsung oleh Bale Pustaka atau oleh pemilik sebelumnya? Karena rare book juga pernah melihat buku yang tidak dibundel.


Gambar dibawah kiri adalah halaman depan jilid 16, tertera judul dan jilidnya, serie nomer dan tahun penerbitannya, termasuk ada sub judul, tertulis : "Ingkang Sinuhun Amangkurat II seda, dipun gentosiputra, pangeran Adpati Anom".Sedang pada gambar kanannya adalah jilid 31, tertulis : "Kadaton Kartasura kapindhah dateng dusun Sala, ingkang lajeng nama Surakarta Hadiningrat".

Gambar samping adalah halaman akhir dari buku 'Babad Tanah Jawi' versi Rd. Ng. Yasadipura, alainea terakhir ditulis : "Wonten dene ing Kartasureki, samantunira kinarya praja, sampun ing ngalih namane, ngantukaken karuhun, kala taksih dusun nireki, winastan Wanakarta, apan wus misuwur, mring sakathahing wong Jawa, wus sing Kartasura yen ing ngalih nami, winastan Wanakarta".
Selanjutnya ada keterangan tambahan dibawahnya, tertulis : "Lajeng nyandhak Babad : Giyanti, jilid 1". Maksudnya, Babad Tanah Jawi ini selesai, dilanjutkan dengan Babad Giyanti jilid 1.

id.gr. 08.25

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini