Jumat, 10 April 2015

Sukarno, An Autobiography.

Buku dibawah ini, menurut  'rare book'',bukanlah sebuah buku langka, masih banyak teman yang menyimpan buku ini. Hanya karena belum lama berselang buku2 ini banyak diperbincangkan oleh banyak kalangan, maka 'rare book' jadi latah ikut rame2 mengunggah buku yang berjudul "Sukarno, An Autobiography, as told to Cindy Adam". Cetakan I, th. 1965, diterbitkan oleh The Bobbs-Merril Company, Inc. New York.
 
Hard cover, sayang cover jacketnya sudah rusak (lihat gambar atas)

Dibawah ini 3 gambar diantara 24 gambar yang ada dalam buku tersebut diatas.

Karena buku ini dianggap 'baik', penerbit 'Gunung Agung' milik Mas Agung (teman Bung Karno), pada th. 1966 menerbitkan terjemahan dalam bahasa Indonesia, diber judul "Bung Karno, Penjambung Lidah Rakjat Indonesia"
Pada th. 1967 terbit pula di Belanda dengan judul "Sukarno, Een Autobiografie, Uit De Mond Van De President Opgetekend Door Cindy Adams". (gambar bawah)

Ada terbitan dari Gunung Agung yang langka, th. 1966, edisi hard cover berwarna biru, koleksi 'rare book' sayang cover jacketnya tidak ada (hilang) saat didapatkan.
Gambar dibawah menunjukan perbandingan tebal antara edisi yang biasa dengan yang hard cover.

Dalam buku edisi hard cover koleksi 'rare book' (warna biru) tersebut, dihalaman depan, ada komentar yang ditulis tangan lengkap dengan tandatangan oleh Bung Karno, sang Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.
"Sdr. Mas Agung!. Saja hargai benar bahwa sdr. mengeluarkan penerbitan ini. Dengan penerbitan ini sdr. telah menjumbang kepada pengertian rakjat tentang "Bung Karno'. Terima kasih''. Tanda Tangan Soekarno, 6/6 '66."  Tepat pada tanggal lahir Bung Karno. (gambar kiri bawah).
Dihalaman selanjutnya ada komentar lengkap dengan tanda tangan Hartini Sukarno dan Dewi Sukarno terlihat pada gambar bawah kanan.
Jadi apapun polemik yang rame mengenai buku 'Bung Karno Penjambung Lidah Rakjat Indonesia', th. 1966, nyatanya Bung Karno menghargai penerbitan buku tersebut. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini