Selasa, 09 September 2014

Penanggalan Jawi, th. 1936. Aksara Jawa.


Judul buku langka koleksi 'rare book' ini adalah "Penanggalan Jawi, 1936" dikeluarkan oleh H. Buning, Ngayogya (Jogja).
Penanggalan atau almanak ini seperti biasanya berisi keterangan yang diperlukan oleh masyarakat, khususnya masyarakat suku Jawa, yang berhubungan dengan hari, tanggal, waktu dan lainnya. 
 Sayangnya kulit depan dan belakang agak rusak (gambar bawah), maka oleh yang memiliki sebelumnya, buku ini diperbaiki kulitnya menjadi seperti yang terlihat pada gambar atas.
Selain harga buku ini, 0.80 sen, tertulis juga diatas judul : 'Lengganan Dalem, Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Sultan ing Ngayogyakarta', maksudnya Raja Kasultanan Ngayogyakarta juga berlangganan Penanggalan Jawi ini.
Gambar atas kanan adalah cover depan, gambar kiri adalah cover belakang.

Gambar berikut adalah iklan Tobralco bahan baju dan iklan coklat bubuk Droste

Dibawah iklan Petromak dan jam tangan Fonteijn.

Berikutnya iklan sabun Persil dan biskuit Verkade.

Dibawah ini contoh kartu nama jaman dulu. 

Kalau yang dibawah ini iklan dari perusahaan J. Van Gorkom & Co. Produksinya meliputi obat Lemah Syahwat, alat untuk Sakit Kencing dan obat Penghilang Rambut. Menghilangkan rambut, kalau jaman sekarang, istilahnya 'waxing', maaf kalau keliru..

Sudah tentu ada kalender tahunan berbagai versi, 
Ada juga primbon lengkap, cerita pedhalangan wayang, kurs mata uang asing, termasuk uang di Mekah untuk keperluan orang pergi Haji. Daftar pejabat pemerintah, volkraad, perbandingan berbagai macam ukuran dan lain2nya.
Buku ini berukuran 12 x 15.5 cm, 568 hlm + 20 lembar halaman khusus iklan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini