Selasa, 30 September 2014

Brahmanda-Purana.


Yang diunggah 'rare book' kali ini buku langka yang pernah diunggah sebelumnya tetapi hanya cover depan saja dan sedikit keterangan tambahan.
Judulnya 'Brahmanda-Purana, Proza Tekst en Kakawin'.
Untuk lebih jelas, silahkan 'klik' gambarnya.

Diatas adalah gambar 2 halaman awal, sebelah kiri tertulis bahwa buku ini terbit dengan dukungan KGPAA Mangkoenegara VII di Soerakarta dan KGPAA Pakoe Alam VII di Jogjakarta (kiri). 

Atas kiri adalah Daftar Isi, sebelah kanan atas, dalam buku disebut 'proza tekst', dari halaman 48 s/d 181, 134 halaman.

Sebelah kiri atas keterangan mengenai 'kakawin' sedang sebelah kanan adalah teks 'kakawin' dari halaman 185 s/d 225, 41 halaman.


Kiri atas adalah 'catatan' yang dibuat untuk 'teks prosa Jawa kuno'. Sebelah kanan mengenai catatannya, yang dibuat oleh Dr. J. Gonda, mulai halaman 227 s/d 357, 131 halaman.

 Buku ini berukuran lebih kurang 16 x 23 cm, 390 halaman, hard cover, diterbitkan oleh Kon. Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, sebuah lembaga kebudayaan yang didirikan di Batavia th. 1778. Dalam buku ini tidak disebutkan tahun penerbitannya.
Lembaga inilah yang mempelopori Museum Gajah dan Perpustakaan Nasional, keduanya di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini