Rabu, 23 Juli 2014

Adiparwa - Bagian Awal Kisah Mahabhrata.


Yang diunggah oleh 'rare book' kali ini adalah buku langka, berisi kisah berjudul 'Adiwangsa Watarana Parwa dan Sambawa Parwa', kisah ini terdapat dalam buku Adiparwa yaitu bagian pertama dari kisah Mahabharata.
Kitab Mahabharata terbagi dalam 18 parwa atau Astadasaparwa.

Sudah belasan tahun buku langka ini dikoleksi 'rare book', waktu didapatkan kondisinya bagus dan menarik karena tidak seperti biasanya, buku ini pernah mendapatkan usaha perbaikan yang cukup sulit. Ada 96 halaman hilang. Karena belum ada mesin fotocopy jadi halaman yang hilang harus ditulis tangan sesuai dengan aslinya. 
Halaman yang hilang adalah halaman 427-452 dan halaman 957-1028.

Gambar atas adalah halaman pertama dari buku ini, bab LIX halaman 427 (termasuk halaman yang hilang dan diganti dengan tulisan tangan).

Gambar atas adalah halaman akhir tulis tangan, halaman 452 dan disebalahnya halaman 453 sudah halaman cetak biasa.

Gambar atas adalah halaman pengganti tulis tangan mulai halaman 957, sedang gambar bawah adalah akhir halaman pengganti halaman 1028 dan seterusnya halaman 1029 sampai akhir buku ini halaman 1113 masih utuh menggunakan halaman cetak biasa.

Dibawah adalah gambar halaman 1104, halaman akhir dari kisah di buku ini.

Dibawah ini adalah awal dan akhir daftar isi buku ini (lengkapnya ada 9 halaman). 
Melihat daftar isi buku ini, berarti isi buku langka ini lengkap dari awal sampai akhir.

 Kisah Mahabharata sangat populer dikalangan masyarakat. Umumnya kisah ini dipentaskan pada pertunjukan Wayang Kulit dan Wayang Orang atau dipentaskan pada pertunjukan Wayang Golek.
Buku langka yang pernah mendapatkan perbaikan pada covernya ini, berukuran 14 x 19.5 cm, seluruhnya ada 687 halaman. Keterangan mengenai penerbit dan penulisnya sudah tidak ada karena halaman paling depan (halaman judul buku) tidak ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini