Jumat, 10 Januari 2014

Serial 'Roman Lajar Putih' III.

Jaman sekarang banyak film bioskop yang dibuat berdasarkan sebuah buku cerita atau novel, yang sudah populer di masyarakat.
Yang diunggah 'rare book' kali ini adalah kebalikannya, buku saku serial 'Roman Lajar Putih' (baca Roman Layar Putih) adalah buku dimana isi ceritanya diambil dari cerita film asli Indonesia yang sudah diputar sebelumnya. Layar Putih adalah istilah untuk menyebut layar atau screen yang ada di gedung bioskop.
Yang diunggah  'rare book'  kali ini 3 buah judul sekaligus : ' Harta Karun',  ' Saputangan' dan  ' Terang Bulan'.

Film cerita "Harta Karun" dibintangi oleh artis yang tak mengenal jaman, dari usia muda sampai tua. Tetap berkarir terus di layar TV, diantaranya :  Abdul Hamid Arief, R. Ismail, Djauhari Effendy dll. Bahkan Usmar Ismail yang namanya diabadikan menjadi nama gedung Pusat Perfilman Nasional "Haji Usmar Ismail", terlibat dalam pembuatan film ini.

Film cerita "Saputangan", dibintangi artis yang terus populer dari muda sampai tua, dari jaman 'layar putih' sampai layar kaca, Netty Herawati, Darussalam, Ribut Rawit dll.

Begitu juga dengan film cerita "Terang Bulan", dalam iklannya disebutkan : 'dimainkan oleh pemain2 bangsa Indonesia jang pilihan' , juga pertama seluruhnya menggunakan bahasa Indonesia (lihat gambar iklan dibawah, silahkan klik untuk jelasnya).

Mengenai bioskop 'Orion', di Jakarta dulu lokasinya di daerah Glodok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini