Jumat, 25 Januari 2013

Manuscript Mahabharata kawedar dan wejangan, th. 1906.


Kalimat2 disamping adalah sebagian dari wejangan salah satu versi kebatinan Jawa, mengenai 7 lapisan langit, silahkan lihat gambar bawah, gambarnya sengaja digelapkan agar pembaca bisa mengikutinya baik aksara jawa maupun transliterasinya.

 Wejangan tersebut terdapat dalam manuskrip berbentuk buku langka (halaman 98 akhir sampai halaman 99 awal) yang didapatkan oleh 'rare book', bersamaan dengan 4 buah manuskrip (dalam bahasa dan aksara Jawa, tulis tangan) lainnya. 3 buku manuskrip lainnya sudah diunggah sebelumnya.
Dalam buku langka ini berisi 20 lembar, halaman awalnya dimulai dengan nomer 77 sampai halaman 110 selanjutnya ada 2 halaman tanpa nomer. Disampulnya tertulis 'Serat Ngabdulsalam' penulisnya 'Sastra dimeja'

Halaman 77 sampai pertengahan halaman 82 berisi mengenai tokoh dan cerita Mahabharata yang dikupas atau diberikan penafsiran, biasanya disebut Mahabharata Kawedar (lihat gambar dibawah).

Selanjutnya masih dihalaman 82, dengan pergantian lagu menjadi lagu Asmaradana, dimulai wejangan atau nasihat yang bersifat olah batin (kebatinan) dalam bentuk tembang, sampai halaman 110, masih ditambah 2 halaman tanpa nomer.

Diakhir wejangan (hlm. 110) ada tulisan pensil "rampung ping 26/6 1906" artinya selesai ditulis pada tanggal 26 Juni 1906, ada inisial penulisnya "Sd", singkatan dari nama penulisnya 'Sastradimeja'

Catatan : 3 buah manuskrip yang diunggah 'rare book'sebelumnya dan buku manuskrip yang diunggah kali ini, terdapat kesamaan gaya tulisannya. Kecuali buku dengan sampul warna merah "Wejangan Sunan Giri dan Sunan Kalijaga",  2 buku lainnya ditambahkan inisialnya saja yaitu 'Sd' dengan tanggal penulisannya, bahkan ada yang lengkap namanya (tanda tangan) dan tanggalnya misalnya buku "Serat Weddha Satmaka".
Jadi kesimpulannya bahwa empat buah manuskrip, buku langka koleksi 'rare book' tersebut semuanya ditulis oleh Sastradimeja dengan bentangan waktu antara tahun 1889 - 1906, lebih seabad yang lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini