Jumat, 09 Maret 2012

Gambar Kuno II.

Melanjutkan Gambar Kuno I, 'rare book' menampilkan 3 buah gambar kuno, langka dan menarik. Langka gambar maupun situasinya, menarik karena dari gambar kuno dibawah ini kita bisa melihat dan membayangkan situasi pada gambar2 dibuat sekitar th. 1925 - 1930. Tidak mungkin kita mengulangi situasi dalam gambar2 yang ditampilkan berikut ini.
Dibawah ini gambar suasana Lapangan Terbang 'Cililitan'. Sebuah pesawat sudah mendarat dan menurunkan penumpang orang2 Eropah. Terlihat pembangunan hanggar pesawat sedang dikerjakan.Lapangan Terbang 'Cililitan' adalah lapangan terbang yang pertama di bangun di Batavia, letaknya jauh diluar kota Batavia. Sekarang Cililitan sudah ada didalam kota Jakarta, wilayah Jakarta Timur.
Namanya berubah menjadi Lapangan Terbang Halim Perdana Kusuma, selain untuk keperluan militer, juga pernah dijadikan International Airport.


Dibawah ini adalah gambar bangunan terkenal sampai jaman sekarang, Penjara Cipinang. Oleh pemerintah penjajah Belanda, pernah untuk memenjarakan para Perintis Kemerdekaan Indonesia.Terlihat bangunan Penjara Cipinang dan lingkungannya dilihat dari udara. Dikelilingi sawah2 luas, sedikit rumah. Disebelah Utara (atas) terlihat jalan umum dan rel kereta.

Selanjutnya gambar dibawah ini adalah gambar Assembly-plant General Motors Java di Tandjoeng Priok.
Sebelah kiri gambar menunjuk arah Utara, gambar sebelah bawah arah Tanjung Priok sedang sebelah atas gambar arah ke Sandvoort (tempat rekreasi) terus ke arah Cilincing.
General Motor pada jaman orde baru diteruskan menjadi Perusahaan Gaya Motor dan selanjutnya Gaya Motor dipindahkan ke daerah Sunter, sedang tanah ex General Motor, Sandvoort kearah Cilincing dijadikan Pelabuhan Container Tanjung Priok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini