Selasa, 27 Maret 2012

Kamus Langka

'Kamus Internasional' judul buku koleksi 'rare book' dibawah ini diunggah karena keunikannya membuat kamus langka ini bisa dikategorikan buku langka walaupun umurnya baru setengah abad lebih.
Biasanya kamus dibuat untuk menterjemahkan dari satu bahasa kebahasa lainnya. Tapi kamus ini menerjemahkan beberapa macam bahasa, diantaranya bahasa Arab, Jerman, Junani, Ibrani, Itali, Latin, Russia, Spanyol, Sankrit, Tionghoa, Amerika (beda dengan bhs Inggris) dll., kedalam satu bahasa Indonesia.


Gambar2 dibawah menunjukan susunan kamus dan setiap kata asing diberikan keterangan asal bahasanya, misalnya (It) dari bhs Itali, (Lat) dari bas Latin, (Norw) dari bhs Norwegia, (Per) dari bhs Perancis, (Ing) dari Inggris, (Am) dari bhs Amerika.







Mungkin Kamus Internasional ini diterbitkan karena saat itu (th, 1956) banyak golongan masyarakat dan massmedia yang menggunakan berbagai istilah bahasa asing, (mungkin biar keren).
Apakah jaman sekarang masyarakat juga masih sering menggunakan bahasa Asing supaya dianggap hebat?
Buku langka koleksi 'rare book' ini disusun oleh Osman Raliby, diterbitkan oleh CV Bulan Bintang, cet. I th. 1956, berukuran 13.5 x 19.5 cm, 449 halaman.

i.gr. 01.00*

1 komentar:

Silahkan berkomentar disini