Kamis, 15 Desember 2011

Sketsa S. Kerton, Upacara Penyerahan Kekuasaan Militer 27-12-1949.

Pada tanggal 27 Desember 1949, saat itu dilaksanakan penanda tanganan naskah Pengakukan Kedaulatan Negara antara Belanda dengan Indonesia. Di pihak Belanda, diantaranya Perdana Menteri Dr. Willem Drees, Menteri Seberang Lautan Mr. A.M.J.A. Sassen, Ketua Delegasi Indonesia Drs. Moh. Hatta, bersama-sama menandatangani naskah tersebut diatas. Dari Jakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Wakil Tinggi Mahkota A.H.J. Lovink bersama-sama menandatangani naskah penyerahan kekuasaan,
Bersamaan dengan Pengakuan Kedaulatan dan Serah Terima Kekuasaan, pada tanggal yang sama di Bandung, walaupun jarang ditulis di buku2 sejarah, ada Upacara Penyerahan Kekuasaan Militer, yang dilakukan oleh dengan Djend. Mayor Englas dengan Kol. Sadikin (maaf kalau keliru karena tulisannya tidak jelas terbaca), untungnya ada seorang seniman, 'Sudjana Kerton', yang mengabadikannya dengan membuat 'sketsa' suasana Upacara tersebut.Menjelang tgl. 27 Desember dimana merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Indonesia, maka berikut ini, rare book menyajikan sketsa Suasana Penyerahan Kekuasaan Militer di Bandung tersebut diatas.
Sketsa disebelah ini menggabarkan suasana Upacara Penyerahan Kekuasaan Militer oleh Belanda ke Indonesia di Bandung pada tanggal 27 Desember 1949.
Sebelah kiri serah terima dari Djend. Mayor Englas ke Kol. Sadikin.
Sebelah kanan, anggota TNI Siliwangi duduk di kursi roda, mungkin kakinya menjadi korban perjuangan melawan penjajah.Kalau kita perhatikan, nampak pihak Indonesia mengenakan peci hitam, sedang pihak Belanda menggunakan topi pet.
Sedang 2 gambar dibawah adalah sketsa tentara Belanda sedang mengikuti upacara serah terima tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini