Minggu, 04 Desember 2011

Tan Malaka


'TAN MALAKA, Bapak Republik Indonesia', judul buku langka koleksi 'rare book'.
Dalam pemberitaan di 'kabar kampus.com' bahwa buku ini hanya ada 2 buah, 1buah di Cornell University, AS, dan 1 buah lagi milik Daud, kolektor buku langka dan pemilik 'Samudra Buku'. Lha kalau informasi itu benar, berarti buku koleksi 'rare book' ini buku yang ketiga didunia,
wah . . wah.
Bahkan diberitakan oleh Republika 9 Des 2011, pada 'Indonesia Book Fair 2011' oleh Samudra Buku ditawarkan Rp. 150 jt, wah . . wah.
Bukunya sangat sederhana tapi menjadi sangat bernilai karena penulisnya Mr. Muhammad Yamin, seorang Ahli Hukum, giat dalam gerakan nasionalis kemerdekaan, Pahlawan Nasional Indonesia, ex Menteri Kehakiman, Menteri PPdan K, Menteri Penerangan pada masa Presiden Soekarno, dan sastrawan.
Tan Malaka lah yang pertama memperkenalkan Republik Indonesia ke dunia internasional, di Canton pada April 1925 dan di Tokyo pada Desember 1925, dalam tulisan/buku nya "Naar de Republik Indonesia" atau "Menuju Republik Indonesia"


Disebelah ini gambar hal. 1 dan hal. 2. Halaman 1 berisi 'Pengantar', dicetak dibagian dalam dari sampul depan.
Halaman 3 berjudul 'Bapak Repoeblik Indonesia'.



Sebelah gambar halaman 17 & 18 (halaman akhir), dimana halaman 18 dicetak dibagian dalam sampul belakang.
Buku langka ini diterbitkan oleh 'Penerbit Moerba Berdjoeang', pada th. 1946, hanya 18 halaman berukuran 12 x 15 cm, dicetak diatas kertas koran dengan sampul karton manila warna kuning.
Oleh pemilik sebelumnya, buku ini digabung (bundel) dengan Buku tulisan Tan Malaka saat berada di luar negri, berjudul 'Naar De Repoelik Indonesia'
ditulis di Tiongkok pada April 1925 dan buku Amanat Paduka Jang Mulia Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang/Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno pada Konggres ke V Partai Murba th. 1960. Pada lain kesempatan, saya berharap buku2 tsb. bisa saya unggah di blog ini, karena bisa dikategorikan buku langka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini