Kamis, 24 Februari 2011

S.T.O.V.I.A. Sekolah Dokter di Hindia, 1926.

"Ontwikkeling Van Het Geneeskundig Onderwijs Te Weltevreden 1851-1926" (Perkembangan Pendidikan Kedokteran di Weltevreden) adalah judul buku 'Gedenkboek STOVIA 1851-1926' (75 tahun), terbit pada th. 1926.

STOVIA adalah singkatan School Tot Opleiding Van Indische Artsen, Sekolah Untuk Pelatihan Dokter Hindia. Banyak Perintis Pergerakan Kemerdekaan Indonesia sekolah disini, sedang Weltevreden adalah daerah2 pelebaran kota Batavia.


Disamping kiri, gambar denah komplek STOVIA berikut rumah sakit CBZ (sekarang RSCM) dibawah, sebelah kiri tampak alur sungai Ciliwung melingkari komplek, gedung STOVIA sebelah kanan.
Juga tampak digambar berikutnya (bawah kiri), pandangan dari udara komplek STOVIA dan CBZ (RSCM) dilingkari sungai Ciliwung.
Sedang gambar sebelah kanannya adalah gedung STOVIA, selanjutnya menjadi Fakultas Kedokteran UI, Salemba.Gambar dibawah adalah para siswa sedang 'action', serius, santai, belajar dan berkesenian.

















Gambar disamping adalah CBZ jaman dahulu 1900 an, sekarang RSCM (Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusuma) di Jln. Diponegoro, bandingkan bentuk bangunan dan lingkungannya dengan sekarang, ada miripnya. Tapi dulu nggak ada yang tawuran didepannya.
Buku langka ini diterbitkan oleh Panitia Ulang Tahun ke 75 STOVIA, dicetak oleh G.Kolf & C0, Weltevreden, th. 1926, berukuran 19 x 28 cm, 379 halaman, dilengkapi dengan banyak gambar2 menarik, sehingga kita bisa mendapatkan bayangan keadaan saat itu.

i.gr. 03.00*

4 komentar:

  1. Apakah buku ini dijual? apakah ada nomer telepon atau e-mail yang dapat dihubungi? Institusi kami sedang riset gedung FKUI Salemba untuk dikonservasi sesuai aslinya. Kontak saya febrian25@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih, silahkan lihat 'mengenai saya' di mmzrarebooks.blogspopt.com. Memang buku yang ada masih dianggap koleksi pribadi, tapi kalau diperlukan bisa dilihat di rumah.

    BalasHapus
  3. Saya juga ingin melakukan riset tentang sejarah STOVIA sendiri sebagai bahan skripsi saya. Kontak saya bara_rozie@yahoo.com

    Terima kasih

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini