Sabtu, 31 Desember 2016

Majalah Kebudayaan "INDONESIA", 1954. (I)


Sesungguhnya bundel majalah kebudayaan th. 1954 yang diunggah kali ini belum terlalu tua dan tidak langka sekali walaupun kalau sengaja ingin memiliki tentunya juga sulit. Namun begitu, dalam bundel majalah ini terdapat beberapa hal yang menarik, diataranya terdapat karya tokoh seni, sastra dan budaya yang terkenal pada jamannya sampai jaman sekarang.
Nama majalahnya adalah :

'INDONESIA, Madjalah Kebudajaan'
Bukan hanya isinya, bahkan Dewan Redaksinya juga sastrawan terkenal, bisa dilihat digambar bawah kanan, diantaranya ada Armijn Pane, Amir Pasaribu, S, Soedjojono dll.

Gambar bawah kiri adalah gambar cover depan bundel, menggunakan cover majalah no.: 1/2 bulan Januari/Februari 1954. Terlihat sketsa sdr. Batara Lubis, Jogja 11 7 53 (11 Juli 53). Demikian juga cover majalah No. 12, bulan Desember '54, terdapat sketsa Affandi.
Untuk menikmatinya silahkan 'klik' gambarnya.

Bagi penggemar puisi, dibawah ini puisi WS Rendra (masih muda), berjudul "Seorang Temanku".
Banyal juga kisah roman atau mungkin sekarang biasa disebut cerpen, karya sastrawan terkenal, diantaranya Ayip Rosidi, Utuy T. Sotani, Trisni Sumardjo, A.K. Mihardja dll. 

Bahkan salah satu nomer dalam bundel ini yaitu No. 4, bulan April 1954, full satu nomer berisi karya Pramudya Ananta Toer (masih muda), berjudul "Korupsi"
InsyaAllah, berikutnya akan diunggah buku/novel "Korupsi".

Bundel majalah tersebut diatas berukuran 15 x 23 x 3.8 cm, setebal 742 halaman,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini