Rabu, 22 April 2015

Star Weekly, Iklan II.

 Seperti yang diutarakan 'rare book' mengenai majalah 'Star Weekly'th. 1955, yang diunggah sebelumnya pada tgl. 17 Maret 2015 dengan judul 'Star Weekly, Iklan I', maka kini kembali diunggah  'iklan' yang menarik untuk dilihat, yaitu iklan margarine.
Untuk menikmatinya silahkan klik gambar-gambar dibawah ini.
 

Dibawah ini gambar iklan 'Blue Band' menawarkan keberhasilan.

Sedang dibawah ini iklan 'Palmboom', menawarkan kenikmatan.

Silahkan menikmati iklan kuno

Selasa, 21 April 2015

Hikayat Abdullah.

"Bahwa, maka adalah kepada tatkala hijrat sanat 1256 tahun kepada lima likur hari bulan Sya'ban al Mukarram, yaitu kepada dua likur hari bulan Oktober tarich Masihi sanat 1840 tahun, bahwa . . ."

Itulah cuplikan kalimat bahasa Melayu tahun 1840 an, yang ada didalam buku "Hikajat Abdullah" (Hikayat Abdullah), terbitan oleh Penerbit Djambatan th. 1953, belum terlalu tua memang. Buat 'rare book' yang menarik adalah 'Abdullah, penulisnya'  dan 'bahasanya', bahasa Melayu Lama, mungkin untuk jaman sekarang agak sulit dipahami. 
Buku berukuran 12.5 x 10.5 x 3 cm, XVIII + 505 halaman, hardcover plus jaket ini meng-alihaksara-kan tanpa mengubah isinya dari tulisan aslinya dalam huruf Jawi.
"Hikajat Abdullah" ditulis mulai th. 1840 selesai th. 1843, namun baru pada th. 1849 dicetak sesuai dengan tulisan aslinya, sayangnya buku cetak ini sangat langka karena terbawa saat kebakaran dirumah Abdullah.
Hikayat ini semacam otobiografi karena ditulis oleh Abdullah sendiri dan semua tulisan didalam hikyat ini adalah pengamatan pribadi Abdullah.
Dia juga menceritakan hal-hal yang menarik pada pertengahan pertama abad XIX, termasuk detail kisah pembukaan dan pembangunan Singapura.
Juga diceritakan pribadi-pribadi orang-orang terkenal yang dia kenal, seperti Raffles, Lord Minto, John Crawfurd dll. 
Abdullah lahir di Malaka th. 1796, meninggal di Mekkah saat hendak menunaikan ibadah Haji pada th. 1854.
Awalnya dia mengajar bahasa Melayu pada tentara garnisun di Melaka, misionaris, pegawai dan pebisnis Britania maupun Amerika.
Bahkan dia pernah menjadi jurutulisnya Sir Thomas S. Raffles.

Sengaja 'rare book' unggah beberapa halaman agar bisa dibaca bagi yang ingin menambah wawasan. Klik gambar-gambar dibawah ini agar terbaca lebih jelas.

Dibawah ini halaman bergambar untuk memudahkan memahami apa yang diceritakan.

Dibawah ini adalah daftar isi buku ini, bisa lihat apa saja yang ada didalam buku ini.

Gambar buku 'Hikajat Abdullah' koleksi 'rare book', dalam bentuk huruf aslinya, huruf Jawi di Indonesia biasa disebut huruf Arab Melayu atau huruf Arab gundul, tanpa tanda-tanda baca.

Sabtu, 18 April 2015

WS Rendra


Buku berjudul "Blues untuk Bonnie" mungkin hanya kalangan tertentu saja yang mengenalnya, tapi kalau nama pengarangnya, yaitu "WS Rendra", pasti banyak kalangan yang mengetahuinya, apalagi pelaku maupun penikmat seni, karena Rendra terkenal sekali sebagai sastrawan, penyair, dramawan, menulis puisi, skenario drama, cerpen, novel dan karya seni lainnya.

Buku kumpulan sajak Rendra berjudul 'Blues Untuk Bonnie' diterbitkan pertamakalinya oleh penerbit Cupumanik, Tjirebon, pada th. 1971, berukuran 14.5 x 21 cm, 44 halaman.

Buku koleksi 'rare book'   ini walaupun belum tua, tapi 'ucapan dan tanda tangan Rendra' di halaman awal yang membuatnya menjadi buku langka dan pantas untuk diunggah disini. 
Lihat gambar bawah, tulisan dibawah tanda tangan, bukan tulisan Rendra, mungkin tambahan dari pemilik sebelumnya.
Gambar atas kiri adalah halaman depan buku langka ini, disampinnya adalah daftar isi alias nama-nama judul sajak/puisi karya Rendra.

Diatas adalah gambar Rendra didepan mic; 3 gambar dibawahnya adalah gambar sampul 'Blues Untuk Bonnie', dipenerbitan berikutnya. 

Rabu, 15 April 2015

Sigmund Freud


Walaupun hard cover buku langka ini sudah mengalami perbaikan, tetapi buku langka ini tetap menarik, karena yang menarik adalah penulis serta karyanya yang ada dalam buku ini.
Penulisnya adalah Prof. Dr. Sigmund Freud (1856 - 1939), tokoh terkenal bidang psikologi, bahkan dianggap sebagai bapak 'psychoanalysis', berasal dari Austria. 
Konsep dan teori Freud yang paling terkenal adalah tentang 'adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku' (Wikipedia).

Sedang karya dalam buku ini dalam bahasa Jerman, berjudul 'Zur Psychopathologie Des Alltagslebens' atau 'Psikopathologi Kehidupan Sehari-hari'.
Gambar bawah kiri adalah halaman judul, sedang sebelah kanan adalah daftar isi dari buku ini.
Dengan ukuran 16 x 22 cm, hard cover, 310 halaman, buku langka koleksi 'rare book' ini diterbitkan oleh Internationaler Psychoanalytischer Verlag, Zurich, th. 1924.

Banyak pendapat Freud yang 'dikutip' oleh banyak orang dari berbagai kalangan, diantaranya sebagai berikut dibawah ini, diambil dari Wikipedia :
"Most people do not really want freedom, because freedom involves responsibilty, end most people are frightened of responbility".
dan berikut dibawah ini.
dan dibawah ini
Agar lebih jelas, klik saja gambarnya.

Jumat, 10 April 2015

Sukarno, An Autobiography.

Buku dibawah ini, menurut  'rare book'',bukanlah sebuah buku langka, masih banyak teman yang menyimpan buku ini. Hanya karena belum lama berselang buku2 ini banyak diperbincangkan oleh banyak kalangan, maka 'rare book' jadi latah ikut rame2 mengunggah buku yang berjudul "Sukarno, An Autobiography, as told to Cindy Adam". Cetakan I, th. 1965, diterbitkan oleh The Bobbs-Merril Company, Inc. New York.
 
Hard cover, sayang cover jacketnya sudah rusak (lihat gambar atas)

Dibawah ini 3 gambar diantara 24 gambar yang ada dalam buku tersebut diatas.

Karena buku ini dianggap 'baik', penerbit 'Gunung Agung' milik Mas Agung (teman Bung Karno), pada th. 1966 menerbitkan terjemahan dalam bahasa Indonesia, diber judul "Bung Karno, Penjambung Lidah Rakjat Indonesia"
Pada th. 1967 terbit pula di Belanda dengan judul "Sukarno, Een Autobiografie, Uit De Mond Van De President Opgetekend Door Cindy Adams". (gambar bawah)

Ada terbitan dari Gunung Agung yang langka, th. 1966, edisi hard cover berwarna biru, koleksi 'rare book' sayang cover jacketnya tidak ada (hilang) saat didapatkan.
Gambar dibawah menunjukan perbandingan tebal antara edisi yang biasa dengan yang hard cover.

Dalam buku edisi hard cover koleksi 'rare book' (warna biru) tersebut, dihalaman depan, ada komentar yang ditulis tangan lengkap dengan tandatangan oleh Bung Karno, sang Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.
"Sdr. Mas Agung!. Saja hargai benar bahwa sdr. mengeluarkan penerbitan ini. Dengan penerbitan ini sdr. telah menjumbang kepada pengertian rakjat tentang "Bung Karno'. Terima kasih''. Tanda Tangan Soekarno, 6/6 '66."  Tepat pada tanggal lahir Bung Karno. (gambar kiri bawah).
Dihalaman selanjutnya ada komentar lengkap dengan tanda tangan Hartini Sukarno dan Dewi Sukarno terlihat pada gambar bawah kanan.
Jadi apapun polemik yang rame mengenai buku 'Bung Karno Penjambung Lidah Rakjat Indonesia', th. 1966, nyatanya Bung Karno menghargai penerbitan buku tersebut.