Minggu, 13 November 2011

Kereta Api di Jawa, Laporan u/ Gen. MacArthur.

Beda dengan koleksi 'rare book' mengenai Kereta Api di Indonesia yang sudah di upload sebelumnya, kali ini bukan buku langka tapi 'dokumen langka' mengenai Kereta Api di Jawa.





Dokumen ini adalah 'Special Report , restricted' pada tgl. 6 July 1945, atas permintaan General MacArthur sebagai Komandan 'General Headquarter, Southwest Pasific Area'. Laporan lengkap, termasuk data teknis lokomotif, gerbong dan kapasitasnya, rel, jembatan, sinyal, stasiun2, jembatan2, bengkel, bahkan organisasi dan pegawainya.



Banyak 'gambar yang menarik' dan 'data tehnis' dalam laporan, sebagian kecil saja yang disajikan dibawah ini, sampul laporan, data teknis lokomotif dan lainnya.







Disebelah gambar belahan lokomotif lengkap dengan ukurannya.








Untuk menarik gerbong tangki minyak dibutuhkan 2 lokomotif sekaligus.






Diatas adalah denah rel kereta (kiri) dan denah trem listrik (kanan) di Batavia. Bawah, adalah gambar jenis lokomotif dan kereta penumpang yang digunakan di Jawa.





Disebelah, gambar kereta listrik yang digunakan untuk jalur Bogor-Batavia.
Dokumen ini menggunakan kertas ukuran folio, 179 halaman, ditambah 85 + 24 gambar lokomotif, gerbong, kantor dan stasiun ditambah 8 peta rel di Jawa dan di stasiun Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surakarta, Batavia, Ceribon dan Surabaya.

i.gr. 05.50*

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Pak "buku langka", bolehkah saya nyuwun scan bukunya ? Untuk membuat catatan sejarah KA di jawa. Jika boleh bisa dikirim ke email saya hadikayanuar@gmail.com, jika tidak boleh ya tidak apa-apa. Thanks pak admin

    BalasHapus
  3. Coba dilihat dulu bukunya, karena usia kertas tua tidak sebagus kertas muda. Apalagi kalau yang dipakai kertas kwalitas rendah.
    Kalau bisa datang saja, 'buku langka' ada di Jakarta.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini