Sabtu, 25 Mei 2019

JAVA, et ses habitants, th. 1900.


Unggahan dari 'buku langka' kali ini adalah sebuah buku terbitan th.1900, judulnya :
'Java et ses habitants'
Isinya mengenai keadaan Java pada saat itu, seratus tahunan yang lalu, termasuk masyarakat adat, masyarakat Eropa, masyarakat China, ekonomi, politik dan persaingan diantara para mereka.
 

Sudah banyak buku-buku yang menulis keadaan pulau Jawa seratusan tahun yang lalu, dalam beberapa bahasa, misalnya Franz Wilhelm Junghuhn dalam bahasa Belanda, Thomas Stamford Rafles dalam bahasa Inggris dll.
Tapi menurut 'buku langka' ada yang perlu ditampilkan dari buku ini, untuk menambah wawasan bagi pengunjung 'buku langka', misalnya data data peserta ibadah haji dari Jawa dan Madura, th. 1890 s/d th. 1896, silahkan 'klik' gambar bawah agar lebih jelas.
Jumlah peserta ibadah haji dari Jawa dan Madura th 1890 ada 2.257 orang, sedang pada th. 1896 ada 4.805 orang, jadi dalam 7 tahun ada peningkatan lebih dari 100% (gambar atas).

Ada juga lampiran menarik, yang isinya 'Rencana anggaran biaya th. 1897', untuk L'Institut  Botanique De Buitenzorg (termasuk laboratorium-laboratorium di Bogor, laboratorium tembakau di Deli, kebun raya Cibodas, gaji para direktur dan staf dll. Total jendral 215.440 gulden (gambar-gambar bawah).
 

Buku langka ini diterbitkan oleh Armand Colin & Cie, Editeur, Paris, th. 1900, hard cover, 12 x 19 x 3 cm, XVIII + 375 halaman, bahasa Perancis. 
 
Kemungkinan sudah ada perbaikan pada covernya.
Maaf apabila salah mengartikan/menerjemahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini