Minggu, 30 Desember 2012

Borneo Barat, ekspedisi th. 1850. Tulis tangan.

Berbeda dengan buku "Expedition to Borneo" th. 1846 yang diunggah sebelumnya, kali ini buku langka yang diunggah 'rare book' sebenarnya adalah bundel laporan "Ekspedisi ke Borneo Westkust" (Kalimantan Barat) pada Oktober 1850 sampai Agustus 1851.
Buku terdiri dari 3 bundel, A. bundel 'Laporan Kegiatan Harian', B. bundel 'Journal' dan C. bundel 'Deskripsi tentang Tanah yang Ditempati oleh orang China'. Semua ditulis tangan langsung oleh pelakunya dalam bahasa Belanda yaitu Leutenant der Genie D. Maurschlut (maaf kalau keliru, karena tulisannya kurang jelas).
Tinta yang digunakan bersifat membakar kertasnya, jadi walaupun kertasnya tebal, tapi buku hanya ditulis setengah halaman bagian kanan agar bila tintanya tembus ke sebaliknya, tulisan disebaliknya tetap bisa terbaca (lihat gambar atas halaman sebelah kiri, tulisannya tembus, tapi tidak menutupi tulisan yang disebaliknya).

Gambar atas adalah halaman awal buku langka ini, tertulis Borneo W Kust, K.7.P.2.V.3. No.: 325, Borneo W Kust dan ada 2 stempel dari Topografisch dan Geografisch Bureau.

Orang2 China sebetulnya di pertengahan abad ke 18 sudah tinggal di Kalimantan Barat, beratus orang berkelompok-kelompok mendapatkan ijin untuk menambang emas dari Sultan yang berkuasa saat itu, bahkan mendapatkan ijin untuk membuat aturan2 layaknya mempunyai pemerintahan sendiri.
Gambar atas adalah judul bundel ketiga : 'Beschrijving Der Door de Chinezen Bezette Landen' (Uraian tentang tanah yang ditempati orang China).
Dalam bundel ketiga ini diuraikan mengenai tanah yang ditempati orang China di daerah Borneo Barat, yaitu daerah2 Sambas, Mempawah, Pontianak, Montrado, Mandor, Lara dll, diantranya mengenai : Iklim, Populasi, Ketahanan Sumber daya, Operasi militer, Kominkasi dan Transportasi.

 Dibawah adalah gambar halaman pada bundel pertama, dilengkapi dengan gambar (sungai) hasil ekspedisi.
Kertas yang digunakan adalah kertas Eropa dengan watermark (gambar yang bisa dilihat kalau diterawang), lihat gambar diatas, berukuran folio, sayang kertasnya sudah rapuh, begitu terlipat langsung patah dan putus.

Bundel pertama sebanyak 28 lembar, bundel kedua 6 lebar, bundel ketiga 12 lembar, semua ditulis bolak balik kalau dihitung ada 46 lembar atau 92 halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini