Senin, 26 November 2012

Merek Geretan seabad yang lalu.

Bukan buku langka, tapi koleksi 'rare book' yang cukup langka, yaitu merek2 geretan tahun 1900 an. Buku ini didapat kira2 15 tahun yang lalu. Pernah diunggah juga di sini tapi kurang lengkap.


Merk geretan sebanyak 277 lembar, ditempel dalam sebuah buku oleh Cato van der Loon, di Pontianak tahun April 1918, tertulis pada cover depan (lihat gambar dibawah). Pada saat itu, dipedalaman di Jawa, masih banyak yang menghidupkan api menggunakan batu (batu thithikan) dan serutan kayu atau menggunakan peralatan tradisional lainnya. 


Beda dengan geretan kayu jaman sekarang yang terbuat dari karton, jaman dulu kotaknya dibuat dari kayu, mereknya ditempel di kotak kayu tersebut. Untuk melepaskan merek dari kotaknya tidak mudah, butuh kehati-hatian, agar gambarnya tetap utuh.
Umumnya geretan2nya buatan Sweden dan Jepang, walaupun ada dengan merek lokal, lihat gambar dibawah.

Gambar kiri, geretan merek 'Kosetan' bisa didapat di Reinh, Lange, Palembang. Bahkan diderah tertentu, geretan kayu biasa disebut 'kosetan'. Gambar kanan merek Ayam Jago, Kota Makssar, maksudnya Makasar.

 Gambar Wayang, sebelah kiri oleh E.M.Nathan Cheribon & Samarang, sedang sebelah kanan buatan Sweden.

Gambar sebelah kiri kerek Toko Abe Cheribon, Bandoeng-Semarang-Batavia. Gambar kanan gambar pistol bertiliskan huruf Rusia atau Eropa Timur, tapi kelihatannya lisensinya sama.

Yang dibawah ini sebelah kiri merk 'Sal-am' dibuat di Singapore & Java (Jawa), sebelah kanan gambar naga buatan Japan.

Sebelah kiri gambar monyet dan anak kecil, buatan Japan, sedang sebelah kanan gambar monyet naik sepeda buatan Batavia. Mungkin  atraksi 'Topeng Monyet' sudad ada dari jaman dulu di Batavia. 

Dibawah ini mungkin dibuat untuk menghormati pejabat. Sebelah kiri gambar Ratu Wilhelmina dibuat di Eindhoven, disebelah kanan gambar pejabat, sebagai Toeankoe Laras di Soengai Poear, tidak ada keterangan siapa pembuatnya.

Buku yang digunakan adalah buku tulis tidak bergaris buatan G. Kolff & Co. Batavia-Weltevreden, hard cover, marble, isi 70 lembar namun hanya terisi 24 lembar berisi 277 gambar merek geretan. 

Apakah koleksi ini cukup menarik ?, mudah2an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini