Jumat, 27 April 2012

Gambar Kuno V.

Untuk yang kelima kalinya dan terakhir, 'rare book' mengunggah gambar kuno. Diharapkan teman2 bisa menikmati dan merasakan suasana pada saat gambar2 dibawah ini diambil fotonya yaitu pada th. 1930 dan sebelumnya.
Sengaja dipilih gambar yang langka atau setidaknya jarang ada ditempat lain.
Gambar dibawah ini menunjukan suasana 'canal Molenvliet', Batavia, sekarang adalah 'kali' (karena tidak lebar dan dangkal) diantara jln. Hayam Wuruk dengan jln. Gajah Mada. Pada saat itu masih bisa hilir mudik perahu membawa barang2.

Gambar berikut dibawah ini adalah suasana jl. Pintu Kecil, Jakarta, th. 1930. Terlihat sungai didepannya masih bisa dilewati perahu membawa barang dagangan, memang dari dulu sampai sekarang menjadi salah satu pusat perdagangan di Kota, jalanannya masih lega. Sekarang sungainya sudah menjadi kali, dangkal dan banyak lumpurnya. Bila kegiatan perdagangan sudah mulai, jalan menuju kesana macet sekali.

Lha kalau yang dibawah ini suasana didaerah perpotongan jalan raya dengan rel kereta api dan masih terlihat rel trem didaerah Pintu Air (sebelah kanan), Jakarta, sebelah kiri sekarang Masjid Istqlal, kalau terus kearah jl. Veteran, sedang kalau kebelakang jalan kearah Pasar Baru.

Sesuai dengan judul blog ini 'rare book - buku langka', gambar kuno yang sudah 5 kali ditampilkan ini diambil dari sebuah buku langka berjudul "1930 Handbook of The Netherlands East-Indies". Sebetulnya masih banyak gambar menarik dan beda dengan gambar2 yang biasa ditampilkan tapi saya cukupkan sampai Gambar kuno V saja.
Maaf kalau ada kekeliruan, silahkan kalau mau komentar atau mengoreksi, trim's.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini