Selasa, 28 September 2010

Injil Kuno bahasa Gothic th.1858


Rarebooks kali ini menampilkan buku dengan klasifikasi bukulangka dan tua, apalagi kalau lihat jenis buku langka ini, yaitu Injil kuno menggunakan bahasa Gothic, bahasa yang sudah nyaris punah karena sudah tidak ada lagi yang menggunakan bahasa tersebut.
Bahasa gothic digunakan bangsa Goth, namun karena kekalahan dalam peperangan, keterpencilan dan dominasi oleh bangsa lain akhirnya bahasa Gothic tidak berkembang bahkan punah.
Dengan demikian tingkat kelangkaan buku langka ini menjadi lebih tinggi.
Buku langka ini judulnya, 'ULFILA'.


Ulfila, dia seorang Uskup, menerjemahkan Injil kedalam bahasa Gothic, untuk bangsa Goth (Wikipedia).
Judul lengkap Buku langka tersebut adalah 'ULFILA, die uns erhaltenen Denkmaler der gothischen Sprache, terjemahan bebasnya : ULFILA, monumen yang masih ada dalam bahasa Gothic.
Maksudnya, kitab Injil UNFILA dalam bahasa Gothic, adalah sebuah monumen atau peninggalan bahasa Gothic yang masih ada (maaf kalau saya keliru).
Friederich Ludwig Stamm, seorang Pastor St. Ludgeri di Helmstedt, menulis buku ini (dlm bahasa Jerman) dengan maksud agar bahasa Gothic tidak musnah.


Dalam buku langka ini, dimuat Teks Injil bahasa Gothic, Tatabahasa dan Kamus bahasa Gothic.












Tatabahasanya mencakup tentang Fonetik, Morfologi, Pembentukan kata dan sintaksis dalam bahasa Gothic.

Buku langka ini diterbitkan oleh Ferdinand Schoningh, Paderborn, th. 1858, ukuran 13 x 21 cm, 472 halaman. Covernya kelihatannya sudah pernah ganti.

i.gr. 05.00





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar disini