Kamis, 03 Juni 2010

China Und Die Chinesen, 1901.

'rare books' menampilkan 'buku langka' sekaligus juga 'buku tua' dengan judul 'China Und Die Chinesen'.
Buku langka ini ditulis oleh B. Namara, diterbitkan oleh Max Nossler, di Bremen dan Shanghai, pada th. 1901 (umurnya nyaris sudah 110 tahun), dalam bhs Jerman (maaf kalau salah).
Buku langka tersebut relatif masih dalam kondisi sangat baik dan utuh, berukuran 15 x 23 cm, tebal 3.5 cm, 566 halaman, dilengkapi dengan lebih dari 120 gambar ilustrasi baik lukisan maupun foto.
Berikut adalah sebagian dari gambar2 yang ada dalam buku.





Dalam buku langka ditulis mengenai budaya, manusia, lukisan, bangunan dan keadaan China sebelum th. 1900.
Gambar2 diatas adalah gambar lukisan, bangsawan, orang hukuman, orang potong rambut, orang sedang konsultasi dan keadaan kota Peking (sekarang di Indonesia menyebutnya Beijing) saat itu.

i.gr. 05.00*

1 komentar:

  1. Benar buku ini ditulis dengan huruf gothic Jerman,buku ini sangat kuno dan bagus, sebelum ada buku ini, sebenarnya sudah ada buku dengan judul yang sama pada tahun 1859 percetakan stuttgart,sceitlhin dengan jumlah hal. 293. Setelah itu muncul buku yang sama pengarang Ki Tong Tscheng tahun 1896 terbit di jerman cetakan ke-2,Reissner Dresden, 215 hal.
    Dan buku yang anda punya ini,dengan pengarang B. Navara cet.1901 cetakan Max Nossler di Bremen,sebenarnya terdiri dari 2 jilid buku dengan 1112 hlm. Buku ini jilid yang pertama. Memang sebagaian orang menganggap buku ini cetakan pertama.
    tapi wallahu'alam hanya Tuhan yang tahu,hhe...
    salam, penggiat buku.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini