Senin, 12 April 2010

"Le Moniteeur des Indes-Orientales et Occidentales" 1848

Le Moniteeur des Indes-Orientales Et Occidentales", adalah judul buku dibawah ini. Penulisnya adalah P. Melvill, diterbitkan dibawah naungan Pengeran Henry dari Belanda, bekerjasama dengan Anggota Masyarakat Seni dan Ilmu Pengetahuan Batavia.


Isinya mengenai Catatan perihal Keadaan Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Industri, Perdagangan dan Fakta2/Kejadian Penting di Hindia Timur dan Barat (maksudnya Nederlandsch Indie), pada tahun 1847 - 1848, termasuk diantaranya mengenai Sejarah, Politik, Pemerintahan, Kolonisasi, Ekonomi, Statistik, Pertanian, Botani, Agrokultur dll.
Diterbitkan oleh Belinfante Freres, La Haye (Belinfante Brothers, Den Haag), menggunakan bahasa Perancis, ukuran 25 x 33 cm, hard cover, VI+ 392 + 115 halaman, peta & gambar, pada tahun 1848."

Dibawah ini ada 3 gambar yang menunjukan situasi pada sebuah lokasi, seratus enam puluh tahun yang lalu, sangat jauh berbeda dengan sekarang, namun ciri2 khususnya masih ada :


Lapangan Banteng jaman dulu sedang ada parade kuda, terlihat dilatar belakang gambar gedung. Sekarang menjadi salah satu kantor Departemen Keuangan.


Bukitinggi, benteng Fort De Kock, jenjang/tangga keatas dan jalan mendaki kesebelah kiri sampai sekarang masih ada walaupun dipenuhi dengan pedagang.


Bagaimana dengan gambar Masjid Besar Palembang? Maaf, saya belum pernah ke Palembang. Mudah2an ada yang bisa menambah komentar.

i.gr. 03.25*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar disini