Rabu, 12 Mei 2010

Babad Tanah Jawi, berbagai versi.

Berikut 'rare books' menampilkan beberapa buku langka; mengenai 'Babad Tanah Jawi/Jawa'.
3 buah buku dibawah ini penulisnya sama 'W. Fruin-Mees', semuanya jilid I, judul nya bhs Belanda dan bhs Jawa, hrf. cetak dan hrf. Jawa.

* Gambar kiri, judul 'Geschiedenis van Java', Deel I, terbitan Commissie Voor De Volkslectuur, Weltevreeden cetakan I, th. 1920 .
* Gambar kanan, gambar cetakan II buku kirith. 1922
* Gambar bawah, .
versi bahasa Jawa dan huruf Jawa, judulnya 'Babad Tanah Jawi', penerbitnya Bale Pustaka, Weltevreden, cetakan I, th. 1921. 

Berikut 3 buah dibawah ini buku berbahasa Jawa, Belanda dan Indonesia dan semuanya hrf. cetak.


* Sebelah kiri, judulnya 'Punika Serat Babad Tanah Djawi Wiwit Saking Nabi Adam Doemoegi Ing Taoen 1647', transliterasi dari huruf Jawa ke huruf cetak dari Edisi Meinsma (1874). Diterbitnya M. Nijhoff, 's Gravenhage. th. 1941.
* Kanan judulnya 'Babad Tanah Djawi In Proza Javaansche Geschiedenis', isinya catatan/keterangan transliterasi Babad Tanah Jawi edisi J.J. Meinsma oleh J.J. Meinsma. Diterbitkan Martinus Nijhoff, 'sGravenshage. th. 1877.
* Sebelah bawah, terbitan paling muda, judulnya 'Babad Tanah Jawi', 6 jilid, penulisnya R. Ng. Yasadipura, dialihbahasakan ke bahasa Indonesia berbentuk prosa. Penerbitnya Amanah-Lontar th. 2004.

3 buah buku diatas menggunakan bahasa dan hrf Jawa
 Disebelah kiri, berjudul 'Punika Serat Babad Ing Tanah Jawi', penulisnya Raden Panji Jaya Subrata, berbentuk tembang macapat dlm bahasa dan huruf Jawa, penerbitnya G.S.T. Van Dorp & Co, th. 1917. Sayangnya saya hanya punya jilid I (314 hlm) dan jilid II (324 hlm), masih dilanjutkan kejilid III.
* Yang kanan, judulnya dan penerbitnya sama dengan buku yg. kiri, hanya terbitan berikutnya, tidak ada tahun penerbitannya.
* Buku sebelah bawah, judulnya 'Babad Tanah Jawi', dalam bentuk tembang macapat, diterbitkan 'Bale Pustaka, Batavia Sentrum', th. 1941. Terbit 32 jilid tamat @ 80 halaman.

7 komentar:

  1. Aslmk Pak Aris.
    Trims telah berkunjung ke mmzrarebooks, saya sudah lihat ke sosiomotivation, bagus bisa berbagi untuk membangun kepercayaan diri.
    Salam kenal dari saya, M, Mahfud.

    BalasHapus
  2. salam kenal pak mahmud

    senang bisa lihat2 koleksi bapak di atas ..

    kayk ny sy tertaris melihat babad tanah jawi yg edisi meinsma itu deh .... kira2 kl mw lihat gmna yak ???

    tengkyu

    cheng prudjung
    08981566656

    BalasHapus
  3. bagaimana caranya mendapatkan buku Babad tanah jawi ( dalam bahasa Indonesia )?

    BalasHapus
  4. Trims untuk Bepe Noesantara, ada beberapa penerbitan yang menerbitkan Babad Tanah Jawi dalam bahasa Indonesia, diantaranya penerbit Amanah Lontar (th.2004), Pustaka Jaya (th.1977 dan Depdikbud (th lupa). Agak sulit mendapatkannya, tapi kalo untuk bisa didapat di pedagang buku bekas.

    BalasHapus
  5. Trims Cheng Prudjung, bisa dilihat, hubungi via telpon/SMS.

    BalasHapus
  6. salam kenal gan, mau tanya kalo mau beli(meng-copy) buku babat tanah jawa yang menggunakan bahasa jawa dimana ya?
    mau bikin tugas akhir neh, bingung mau cari dimana. tenks sebelumnya

    BalasHapus
  7. Trims salam kenal kembali, babad tanah jawa bahasa Jawa macam2 versinya, yang mana nih, mudah2an saya bisa bantu.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini